Wednesday, June 28, 2006

Makan bersama keluarga, masih pentingkah?

Bukan karena judul dari artikel ini yang membuat agnes tertarik, tapi isi dari artikelnya. Dari serentetan tulisan yang mengungkapkan rahasia langsing wanita Perancis, ternyata ada suatu nilai berharga yang patut dicontoh dan dilakukan, yaitu budaya makan bersama dengan keluarga seperti yang masih banyak dilakukan keluarga-keluarga di Perancis. Bagi orang Perancis, waktu makan adalah waktu untuk berbagi.

Jaman sekarang, sepertinya jarang sekali satu keluarga duduk bersama di meja makan untuk menikmati makan dan mengobrol santai. Waktu yang sangat singkat, mungkin sekitar 30 menit di meja makan, ternyata mampu mempererat tali kasih antar anggota keluarga. Mungkin kita tidak menyadari hal ini dan menganggap yang paling penting adalah kegiatan makan, bukan waktu yang diluangkan untuk duduk sebentar dan menikmati makanan bersama keluarga.
Kadang kita melewatkan sarapan pagi bersama karena bangun terlambat dan terburu-buru untuk pergi kerja, sedangkan anak-anak harus berangkat sekolah pagi-pagi. Bahkan waktu makan siang kita habiskan di kantor atau di rumah makan bersama dengan teman-teman kantor. Kadang pula kita terlambat pulang untuk makan malam bersama karena pekerjaan yang menumpuk, bertemu relasi, atau terjebak macet di jalan.

Kalau hal ini terjadi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 4 minggu sebulan, 12 bulan setahun, dst, dst…bisa dibayangkan berapa waktu yang terlewatkan oleh kita untuk menjalin komunikasi dengan anggota keluarga yang lain, waktu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berbagi dan bersama-sama menikmati hidangan makan dengan hati bahagia bersama keluarga tercinta...-agnes

No comments: